Sejenak Berjarak

0 Comments
Memang betul apa yang dikatakan Ayu Arman, seseorang butuh waktu dan tempat untuk mengasingkan diri dari dunia untuk bisa menuliskan apa yang terlintas dalam pikiran. Karena dunia ini begitu hiruk pikuk dan kadang kita tak bisa mendengar suara apa yang muncul dalam kepala ini. Hiruk pikuk dunia sudah meredam banyak hal. Semua orang serta merta memiliki minat yang sama. Semua orang tumpah ruah melakukan hal yang sama, padahal belum tentu hal itu sebenarnya yang mereka inginkan.

Sangat tepat juga perkataan Mernissi agar memiliki waktu khusus untuk menulis sebagai obat awet muda, meskipun hanya 10 menit dari keseharian kita. Dengan memiliki waktu yang khusus, artinya kita memiliki perhatian khusus dengan jiwa kita. Karena menulis bukanlah sekedar berfikir. Menulis adalah mengeluarkan apa yang ada dalam jiwa.

Perlu waktu dan tempat khusus. Lagi-lagi saya termenung kemana saya akan pergi untuk mewujudkan itu semua? Dua bocah perempuan mungil memaku saya di dunia mereka. Demikian juga rutinitas keseharian saya memainkan peran-peran yang sudah saya pilih. Tapi saya membutuhkan sesuatu yang membuat saya tetap bisa berdiri tegak dalam menjalani panggung sandiwara ini.

Kesenyapan adalah sesuatu yang saya butuhkan. Sebuah kondisi yang bisa mendengarkan jiwa saya berbicara. Tentunya pergi ke bulan atau tempat yang sunyi saat ini bukanlah pilihan terbaik yang bisa saya ambil. Saya akan menciptakan ”bulan” saya sendiri. Setelah sekian lama saya mencari dan menciptakan ”bulan” saya, ternyata sepertiga malam terakhir adalah “bulan” terbaik saat ini.

Sepertinya saat inilah suara apapun yang muncul menjadi sangat jelas, jernih dan benar benar menyeleksi siapapun yang memiliki kesungguhan menemui-Nya. Menuliskan suara jiwa itu yang ada dalam benak saya saat ini. Betapa keseharian dan hiruk pikuk telah menjauhkan dari asalnya. Saatnya kembali dan bersatu dengan-Nya dan berjarak dengan hal yang fana. Saat jarak tercipta maka semakin mudah berefleksi dan mengurai segala kusut yang ada. Karenanya mari sejenak berjarak untuk bisa kembali menuliskan berbagai hal tentang kehidupan.


You may also like

Tidak ada komentar: