M-21 Bisaa!!!!

0 Comments
M-21 Bisaa!!! seru saya lalu bertanya ke suami, "a kalo "M-21 Bisa" itu produk minuman energi itu ya? wah keren nih judul yang akan saya tulis". "M-21? emang ada? yang saya tau M-150 bukan M-21 kalo minuman energi mah" jawabnya. "Loh emang ganti ya?" kata saya. "Ganti apaan emang dari dulu 150 dan gak pernah kurang" jawabnya. Ya udah terserah...yang penting buat saya M-21 Bisaa saja hehe...maksa pisan.

Kenapa saya ngotot dengan M-21 karena saya sedang memperkuat komitmen untuk berubah. "Berubah"...satria baja hitam kalee. Sudah hari ke 3 saya konsisten mengalokasikan waktu untuk serius menggarap studi saya. No...online...no buku gak karuan...no ngobrol saat masuk ke dalam kepompong yang saya siapkan. Kepompong yang nyaman...dengan buku pilihan yang sudah disiapkan dan semangat untuk berubah menjadi kupu-kupu yang indah.

M merupakan singkatan dari Misi. Angka 21 saya maksudkan adalah 21 hari berturut-turut melakukan aktifitas serupa agar tumbuh kebiasaan. Saya ingin mengubah kebiasaan saya dengan kebiasaan yang lebih efektif lagi. Kenapa 21 hari ya? saya pernah mendengarnya kalo konsisten selama 21 hari maka kebiasaan baru akan terbentuk. Ahirnya saya searching ke mbah google tentang kenapa 21 hari. Ahirnya jawabannya adalah:

“Kebiasaan akan terbentuk bila kita mengulang ulang sebuah aktifitas dengan konsisten selama 21 hari”. Pernyataan ini merupakan hasil penelitian yang dipraktekan Will Bowen, Ketua Pendeta dari Satu Pusat Komunitas Spiritual di Kota Kansas, Missouri, AS. Pendeta itu telah menulis 2 buah buku – “Sebuah Dunia Bebas Keluhan” dan “Hubungan Persahabatan yang Bebas Keluhan: Cara untuk secara Positif Mengubah Hubungan Pribadi, Pekerjaan, dan Percintaan Anda (Complaint Free Relationships: How to Positively Transform Your Personal, Work, and Love Relationships).”

Menjalani aktifitas konsisten selama 21 hari sepertinya mudah dilakukan. Namun ternyata banyak komunitas jamaahnya merasa kesulitan untuk benar-benar konsisten. Karena bila dalam rentang 21 hari tersebut satu hari saja tidak dilakukan, maka harus mulai lagi dari awal. Sehingga rata-rata orang bisa sukses menjalankannya paling tidak selama 4 - 8 bulan.

Dua paragraf yang saya temukan di google ini saya sarikan ulang agar lebih terekam lagi dalam benak tentang komitmen M-21 yang saya canangkan (wiih pake bahasa pejabat boo) Hehe..pokoknya gitu dweeeh.

Ini adalah hari ketiga yang saya jalani dari M-21. Saya berterimakasih kepada diri saya sudah mau mengikutinya. Semoga bisa istiqamah. Karena dalam istiqamah terdapat barakah itu kata Kiai saya. Ayo jiwaku...tetap semangaat...kamu pasti bisa!.

M-21 tidak hanya saya peruntukan untuk diri sendiri, melainkan juga untuk anak-anak saya. Saya juga mengalokasikan waktu khusus untuk mereka. Memanggil teman-teman mereka untuk ikut mengaji dan belajar di rumah seperti yang dahulu ibu saya pernah lakukan. Alhamdulilah rumah kini semakin ramai dengan anak-anak mengaji dan bejalar seusai magrib. Bahagia rasanya melihat anak-anak bergembira saat saya menceritakan sejarah Nabi-nabi yang saat ini hanya bisa ditemui di buku cerita.

Setiap waktu...setiap saat...hanya ingin menjadi lebih baik lagi. Berikan hannah kesungguhan Rabb...untuk menemui-Mu dengan senyuman.


You may also like

Tidak ada komentar: